Langsung ke konten utama

Karakter Tokoh Seri Detektif Conan

KARAKTER UTAMA

Shinichi Kudo / Conan Edogawa


      Shinichi Kudo merupakan Detektif SMA terkenal dari SMU Teitan dengan julukan  "detektif dari timur". Mempunyai teman sejak kecil, yaitu Ran. Ia menjadi kecil disaat ia sedang melihat kasus transaksi ilegal dan diketahui oleh Gin dan Vodka yang lalu meminumkan obat yang bernama APTX 4869 kepada Shinichi.
        Ia tinggal bersama Ran dan Kogoro Mouri, dan sekaligus mencari tahu tentang Organisasi Hitam dengan identitas Conan Edogawa . Ia juga yang membuat Kogoro disebut Kogoro tidur karena ia menidurkan Kogoro dan memecahkan kasus lewat "Kogoro tidur". Identitas Conan selalu hampir diketahui oleh Ran berkali-kali. Dan beberapa orang mengetahui identitas nya sebagai Conan.
Orang-orang yang mengetahui identitas Conan :

Agasa Hiroshi : Pada episode 1, awalnya tidak percaya tapi akhirnya ia percaya setelah Shinichi meyakinkannya.
Ai Haibara       : Ia mengetahui saat baju shinichi menghilang ketika ia sedang melacak rumah shinichi dengan anggota organisasi hitam dan mengira bahwa APTX 4869 telah menyusutkan tubuh Shinichi
Yukiko Kudo & Yusaku Kudo (Shinichi Parent's) : mendengar dari Agasa.
Eisuke Hondo : Pada episode 508 (anime), ia langsung mengetahui identitas Conan dan mengetahui bahwa Conan yang menjadikan Kogoro sebagai Detektif Kogoro Tidur.
Heiji Hattori    : Ketika Conan menidurkan Heiji dan membuat analisis lewat Heiji yang tertidur, sebenarnya Heiji telah terbangun dan mengetahui bahwa Conan sedang melakukan analisis dengan meniru suara Heiji dari belakang.
Kaito Kid / Kid the Phantom Thief : Tidak tahu dengan jelas mengapa ia bisa mengetahui identitas Conan.
Vermouth  : Tidak diketahui juga bagaimana ia mengetahuinya, dan ia tidak pernah memberi tahu identitas Conan kepada teman-teman organisasinya.
Akemi Miyano : Conan mengetahuinya saat ia kritis.
Hiroki Sawada (At Movie : The Phantom of Baker Street) : Dengan menggunakan proyek Noah Ark's. Ia menemukan kesamaan gen dengan Yusaku Kudo, ayah Shinichi. Hal ini yang membuat ia mengetahui bahwa Conan adalah Shinichi.
Irish (At Movie : The Raven Chaser Treasure) : Ia menganalisis sidik jari Conan pada prakarya milik Conan dan sidik jari Shinichi pada kostum drama. Namun, ia meninggal karena ditembak oleh Chianti, salah satu sniper dari Organisasi Hitam.


Ran Mouri

          Siswi di SMU Teitan yang sekaligus teman sekelas dan semasa kecilnya Shinichi. Ia selalu menunggu kepulangan Shinichi. Ran beberapa kali pernah mencurigai Conan yang identitasnya adalah Shinichi, tetapi Conan selalu berhasil mengelabui Ran. Ia mempunyai bakat dalam karate, dan takut dengan hantu. Memiliki sifat yang lembut dan gampang menangis.


Kogoro Mouri

        Kogoro Mouri adalah ayahnya Ran yang bekerja sebagai Detektif. Tetapi, jika ia membuat analisis, pasti analisis itu hanyalah "asal-asalan". Conan yang biasa bersama Kogoro yang selalu bertemu kasus, Kogoro selalu dipakai Conan untuk memecahkan kasus dengan cara menidurkannya dengan peluru bius dan maka dari itu ia menjadi terkenal dengan sebutan "Kogoro Tidur".

KARAKTER PENDUKUNG


Sonoko Suzuki

Sonoko adalah teman sekelas Ran dan juga teman baiknya. Berasal dari keluarga kaya. Ia suka menarik perhatian laki-laki yang dipilihnya. Saat ini ia berhubungan dengan Makoto Kyogoku, seseorang yang disebut sebagai Raja Karate yang dulu pernah menolong Sonoko ketika ia akan dibunuh oleh seseorang bule yang sekaligus pelaku pembunuhan gadis berambut pirang. Saat Kogoro tidak ada, Conan kadang memakai Sonoko untuk membuat analisis.

Heiji Hattori

Detektif yang berasal dari barat yang merupakan saingan Shinichi. Setelah mengetahui identitas Conan adalah Shinichi, mereka menjadi akrab dan sering bekerja sama untuk memecahkan suatu kasus. Ia mempunyai teman sejak kecil sama seperti Shinichi dan Ran, yaitu Kazuha. Sepertinya ia mempunyai rasa kepada Kazuha, tetapi ia malu untuk mengatakannya begitu juga sebaliknya. Ayahnya adalah Heizo Hattori yang bekerja di kepolisian Osaka. Ia juga bisa kendo.

Kazuha Tooyama

Kazuha adalah teman semasa kecilnya Heiji yang menyukai Heiji. Jika Heiji muncul dalam cerita, ia selalu nampak bersamanya. Terampil dalam Aikido dan takut dengan hantu sama dengan Ran.

Eri Kisaki

Ibu nya Ran dan juga istri Kogoro. Bekerja sebagai pengacara dan disebut sebagai "Ratu Pengacara". Pisah tempat tinggal dengan Kogoro karena Kogoro selalu mabuk-mabukan, bertaruh, dan sebagainya hal2 yang membuat Eri kesal. Namun, ia masih menaruh perasaan terhadap Kogoro dan cincin kawinnya masih dipakai. Mempunyai kucing yang bernama Goro, nama tersebut berasal dari nama Kogoro.

Eisuke Hondou

Eisuke adalah murid pindahan yang sekarang bersekolah di SMU Teitan dan sekelas dengan Ran. Ia mempunyai sifat yang ceroboh yang bisa membuat diri nya dalam bahaya karena kecerobohannya, tetapi ia bisa membantu Conan untuk memecahkan kasus juga. Ia mempunyai kakak yang bernama Hidemi Hondo dan mencari orang yang bernama Rena Mizunashi yang mirip dengan kakaknya. Ia pernah mengatakan pada Conan bahwa ia menyukai Ran, tetapi Conan cemburu dan setelah itu Eisuke mengetahui Conan adalah Shinichi.

Yusako Kudo

Yusaku adalah ayah Shinichi yang seorang novelis misteri terkenal. Istrinya bernama Yukiko Kudo. Ia juga mempunyai otak yang cerdas yang bisa memecahkan kasus selayaknya seperti detektif, dan ia menurunkannya kepada Shinichi.

Yukiko Kudo

Ibu Shinichi dan istrinya Yusaku. Dulu, ia adalah seorang aktris terkenal dan berhenti pada usia 19 tahun untuk menikah dengan Yusaku. Walau ia sudah menikah dan mempunyai anak, kecantikannya tidak pernah berubah. Ia paling benci jika dipanggil dengan sebutan "bibi". Ia terampil dalam menyamar karena dulu ia diajarkan oleh seorang pesulap yang bernama Toichi Kuroba. Yukiko juga mengenal dan berteman akrab dengan Sharon Vineyard yang mirip dengan Chriss Vineyard atau Vermouth yang merupakan anggota Organisasi Hitam.

Kaito Kid

Disini kita sering menyebutnya adalah Kid si Pencuri. Nama aslinya adalah Kaito Kuroba. Ia adalah seorang pencuri yang pintar dalam hal menyamar dan mengincar batu-batu permata yang sangat berharga. Setiap ia beraksi, ia selalu lolos dalam tangkapan polisi dengan mengelabui mereka. Meski ia pencuri, tetapi banyak orang-orang yang sangat menyukai dan mengaguminya contohnya adalah Sonoko. Ayahnya bernama Toichi Kuroba yang telah meninggal dunia dan ia menggantikan posisi ayahnya sebagai Kaito Kid.

The Little Detective Group
Sebuah Grup detektif yang dianggotakan anak-anak kls 1 sd, yaitu : Conan, Ayumi, Ai, Mitsuhiko, dan Genta. Profesor Agasa sering sekali membantu mereka dalam memecahkan kasus dan memberikan mereka badge detektif untuk masing-masing anggota yang berfungsi juga untuk saling menghubungi satu sama lain.

Ayumi Yoshida

Teman Conan yang juga menyukai Conan. Ia memiliki sifat yang periang dan baik hati. Ia juga menarik perhatian Mitsuhiko dan Genta. Paling suka sama yang namanya pencarian harta karun dan setiap mendengar itu, Ayumi, Genta, Mitsuhiko langsung bersemangat untuk mencarinya.

Ai Haibara

Ai sebenarnya bukan anak yang berumur 7 tahun biasa sama seperti Conan. Ia sebenarnya adalah salah satu Anggota Organisasi Hitam yang berkhianat karena kakaknya, Akemi Miyano dibunuh oleh Gin. Nama asli Ai adalah Shiho Miyano dan disebut Sherry dalam Organisasi.
Ia juga yang membuat racun yang mengecilkan tubuh Shinichi, yaitu APTX 4869. Ia juga mengecil dengan meminum racun tersebut dan untuk lari dari Organisasi yang akan membunuhnya nanti. Sekarang, ia tinggal bersama Professor Agasa. Kehadirannya juga membuat Conan terbantu dalam mengetahui tentang Organisasi Hitam.

Mitsuhiko Tsuburaya

Teman Conan yang memiliki pengetahuan yang melebihi kelas 1 sd. Penyuka teknologi. Awalnya ia menyukai Ayumi. Ketika Ai muncul, ia menaruh hati juga kepada Ai dan sering cemburu karena Ai selalu dekat dengan Conan.

Genta Kojima

Orang yang otaknya selalu dipenuhi dengan makanan. Awalnya ia berkata Conan adalah pengikutnya, tetapi setelahnya ia tidak pernah mengatakan hal itu. 

Agasa Hiroshi

Professor yang rumahnya dekat dengan rumah Shinichi. Ketika ia bertemu Shinichi yang tubuhnya menjadi kecil, awalnya ia tidak mempercayai itu adalah Shinichi. Tetapi akhirnya ia percaya. Ia yang menciptakan berbagai macam peralatan canggih yang dipakai Conan yang dapat berguna sewaktu-waktu ketika Conan membutuhkannya. Ia yang menemukan Ai yang pingsan didepan rumah Shinichi lalu mengadopsinya.


Sumiko Kobayashi

Bu Kobayashi adalah wali kelasnya di kelas Conan, dkk. Ia dikenal sebagai penyihir kejam karena ia kasar kepada murid-muridnya, tetapi sebenarnya ia adalah orang yang baik.
Jika kacamatanya dilepas, ia mirip dengan Miwako Sato. Setelah ia melihat grup detektif cilik memecahkan kasus, ia ingin menjadi manajer mereka. Ia pernah bertemu dengan Inspektur Shiratori pada masa kanak-kanak namun terlupakan. Ketika ia ingat hubungannya dengan Shiratori dulu, ia sekarang akrab dengan Shiratori.


TOKOH LAINNYA

Tomoaki Araide

Disebut Dr. Araide karena ia adalah seorang dokter. Pernah terkait pada kasus pembunuhan ayahnya yang dibunuh oleh ibu tirinya. Vermouth pernah menyamar menjadi Dr. Araide dan diketahui oleh Jodie.

Sera Masumi

Muncul pertama kali pada volume 73 file 678. Ia adalah seorang detektif. Ran, Sonoko, dan Conan awalnya menganggap Sera adalah seorang laki-laki. Tetapi, saat ia memperkenalkan diri dan bersekolah di SMU Teitan, ia memakai rok. Orang ini sepertinya mengetahui tentang Conan..

Subaru Okiya

Pertama kali muncul pada volume 60. Dicurigai oleh Ai sebagai anggota organisasi karena pada saat itu Conan diberitahu oleh Jodie tentang adanya anggota organisasi baru yang diberitahu oleh Rena Mizunashi dan anggota itu disebut "Bourbon".Namun ketahui bahwa ia adalah Shuichi Akai.
Yoko Okino

Seorang aktris muda yang terkenal. Kogoro Mouri adalah orang yang sangat mengidolakannya. Ia sering tampil sebagai bintang tamu suatu acara dan biasanya dalam acara tersebut bisa menjadi sebuah kasus.

Jirokichi Suzuki

Muncul pertama kali pada volume 44 saat ia memberi tantangan kepada Kid untuk mengambil batu permata miliknya. Orang yang tidak pernah gagal menangkap penjahat atau siapapun ingin sekali menangkap Kid karena Kid pernah merebut halaman pertama koran yang membuat halaman untuk bagian Paman Jirokichi ini bergeser ke halaman selanjutnya dan jika ia menangkapnya, mungkin ia bisa merebut halaman pertama dari Kid.

" Black Organization "

Boss (Anokata ?)
Pemimpin Organisasi hitam yang identitasnya tidak pernah diketahui. Disebut dengan Gin dengan sebutan "anokata" atau orang itu.

Gin

Gin adalah orang yang mempunyai posisi jabatan yang tinggi dalam organisasi. Selalu bersama dengan Vodka. Gin yang meminumkan APTX 4869 kepada Shinichi yang membuat Shinichi mengecil dan menjadi Conan. Ia selalu mengendarai Porsche 356A yang merupakan bagian dari ciri-cirinya. Jika Conan melihat mobil tersebut, ia sudah pasti tahu bahwa Gin ada disana.

Vodka
Vodka adalah rekan Gin yang selalu bersama-sama. Ia memanggil Gin dengan sebutan "aniki" (kakak). Orang ini mudah dikelabuhi bila tidak bersama dengan Gin.

Vermouth

Nama aslinya Chriss Vineyard. Ia mirip dengan aktris yang bernama Sharon Vineyard dan mungkin mereka adalah orang yang sama karena mereka berdua sama-sama berbakat dalam menyamar sama halnya dengan Yukiko. Ia pernah menyamar sebagai Dr. Araide yang dicurigai oleh Conan. Ia merupakan anggota kesayangannya boss. Mengetahui tentang keberadaan Shinichi dan Sherry tetapi tidak tahu apa tujuannya ia tidak memberitahukannya kepada Gin.

Chianti & Korn
Anggota Organisasi yang bertugas sebagai sniper. Mereka pertama kali muncul pada manga volume 48.

Bourbon

Anggota Organisasi baru. Ia anggota yang memiliki wawasan yang luas dan pandai mengumpulkan informasi-informasi. Baru-baru ini diketahui bahwa ia adalah Amuro Toru yang bekerja di Poirot


Kepolisian Jepang

Juzo Megure
Insperktur kepolisian pusat divisi kejahatan pembunuhan. Dia selalu bekerja sangat serius dan sering datang bila ada kasus yang ditangani Kogoro atau Conan di wilayah Tokyo. Ia sering mengatakan bahwa jika Kogoro datang kesesuatu tempat, disanalah akan terjadinya kasus. Mempunyai istri yang dulunya adalah seorang berandalan SMA.

Matsumoto Kiyonaga
Atasan inspektur Megure. Bekas luka yang berada di mata kirinya karena ia konfrotasi dengan seorang pembunuh berantai 20 tahun lalu.

Heizo Hattori
Inspektur Kepolisian Osaka yang juga ayahnya Heiji.

Takagi Wataru
Seorang polisi yang menjadi partner Miwako Sato. Ia menyukai Sato, tetapi tidak mempunyai keberanian untuk mengatakannya. Ia sering dibantu oleh Yumi dan Chiba yang selalu mendukung hubungannya dengan Sato. Mirip dengan Jinpei Matsuda saat ia memakai kacamata dan wig yang mirip dengan Matsuda. Berhubungan dengan Sato sepertinya rumit baginya, karena ia mempunyai saingan yaitu para anggota polisi yang juga menyukai Sato dan juga Inspektur Shiratori. Tetapi, setelah Shiratori berpaling ke Ibu Kobayashi, ia bukan saingannya lagi.

Miwako Sato
Polisi wanita dan juga partner Takagi. Didalam cerita, hubungan romantis nya dengan Takagi sering ditampilkan dan sempat berciuman tetapi biasanya selalu gagal. Dulu, ia memiliki hubungan istimewa dengan Jinpei Matsuda (?) , seorang polisi penjinak bom yang tewas ketika akan menjinakan bom. Mempunyai ayah yang juga polisi dan tewas tertabrak truk saat tengah menangani kasus.

Shiratori Ninzaburo
Seorang petugas yang bekerja dengan Megure. Menyukai Sato, dan selalu menghalangi Takagi saat ia sedang "beromantis" dengan Sato. Sato tidak pernah sadar bahwa Shiratori menyukainya. Ketika ia bertemu dengan Guru SD Conan, Sumiko Kobayashi, ia berhenti mengejar Sato dan berpaling pada Bu Kobayashi.

Misao Yamamura
Seorang perwira polisi dari Kepolisian Gunma. Ia sangat canggung dan kekanak-kanakan. Kadang, Conan pernah memakainya untuk membuat analisis.

Yamato Kansuke
Polisi dari Kepolisian Nagano. Bekas goresan dimata kirinya yang buta dan kaki kiri yang terluka disebabkan oleh sebuah longsor sewaktu dia mengejar pelaku kriminal. Mempunyai teman yang bernama Yui Uehara, yang juga polisi dari Kepolisian Nagano.

Yui Uehara
Rekan Yamato Kansuke dan teman kecilnya. Ketika Yamato diduga tewas, ia menikahi orang dari keluarga Toroda untuk menyelidiki kematian Yamato.

Matsuda Jinpei
Polisi yang bertugas sebagai penjinak bom sebelum Takagi muncul. Ia tewas ketika tengah menjinakan bom dan membuat Sato sangat kehilangannya.

CIA

Ethan Hondo
Ayah dari Hidemi Hondo dan Eisuke Hondo. Ia tewas karena demi melindungi anaknya, Hidemi yang sedang menyusup dan memata-matai Organisasi Hitam dan sempat dicurigai oleh Organisasi. Ia menyuruh Hidemi untuk menembak nya agar Anggota Organisasi mengira Hidemi yang membunuhnya dan kecurigaan hilang. Setelah ia tewas, Hidemi tidak dicurigai lagi oleh Organisasi Hitam.

Hidemi Hondo
Dikenal sebagai Rena Mizunashi. Ayahnya, Ethan Hondo dan Adiknya, Eisuke Hondo. Anggota CIA yang menyusup dalam Organisasi dan mempunyai nama sandi "Kir". Ia bekerja sebagai penyiar. Diketahui Conan bahwa ia anggota Organisasi saat alat penyadap yang ditempel Conan di pintu rumah Rena dan jatuh lalu diinjek Rena.  Ia terkena suatu kecelakaan saat sedang mempunyai tugas dan koma. Identitasnya akhirnya diketahui oleh Eisuke. Conan dan Shuichi akhirnya mengetahui bahwa ia adalah CIA dan memiliki sebuah perjanjian, ia akan dikembalikan ke Organisasi tetapi ia harus melaporkan informasi mengenai Organisasi kepada FBI. Setelah ia kembali, ia dicurigai oleh Gin dan agar Gin percaya, ia harus membunuh Shuichi dan akhirnya berhasil (?).

FBI

James Black
Seorang FBI yang memiliki jabatan tinggi. Pertama kali muncul pada episode 258, saat kasus penculikan James Black yang dikira sebagai artis terkenal yang kaya.

 Jodie Starling/Santemillion
Seorang FBI yang datang ke Jepang untuk menangkap Vermouth yang telah membunuh ayahnya sewaktu kecil. Dia juga adalah guru bahasa inggrisnya Ran di SMU Teitan dan pertama kali muncul di tempat Game dan bilang bahwa ia maniak game buatan jepang. Berhenti mengajar karena masa cutinya habis. Berencana untuk pulang ke Amerika namun ia bertemu Vermouth pada volume 42.

Shuichi Akai
Anggota FBI yang berdarah Jepang dan juga mantan Organisasi Hitam yang mempunyai nama sandi Rye. Memiliki hubungan dengan Akemi Miyano, kakanya Shiho Miyano yang tewas ditembak Gin pada saat terjadinya kasus perampokan 1 milyar yen. Ia keluar dari Organisasi Hitam dan ingin sekali membunuh Gin yang juga mengincarnya. Pernah bertemu Ran di Amerika. Sifanya dingin dan tak pernah tertawa. Sebelum menyusup ke Organisasi, ia adalah pacarnya Jodie Starling dan memutuskan hubungannya dengan Jodie lalu berhubungan dengan Akemi. Saat sedang berhadapan dengan Kir, ia terbunuh (?). Tidak jelas ia benar-benar sudah tewas atau belum karena Jodie, Andre Camel, dan Vodka melihat seseorang yang mirip dengan Shuichi yang mempunyai luka bakar di wajah bagian kanan.

Andre Camel
Anggota baru FBI yang muncul pada file 600. Bekerja sebagai rekan Jodie. Awalnya Jodie dan Conan mencurigai nya. Ia pernah bertemu dengan Shuichi dulu dan merasa bersalah bahwa ia tanpa sengaja membokar identitas Shuichi saat sedang memata-matai Organisasi Hitam.

link : http://leonora-ainani.blogspot.co.id/2013/12/karakter-seluruh-tokoh-dalam-detektive.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata Kata Bijak dari Manga "DETEKTIF CONAN "

Detective Conan merupakan seorang karakter dalam manga detektif karangan Aoyama Gosho yang terkenal. Detektive Conan merupakan seorang anak SD yang sebenarnya adalah siswa SMA bernama Kudo Shinichi. Tubuhnya mengecil karena Organisasi Jubah Hitam yang memberinya obat APTX 4869 dengan niat membunuh Kudo. Bukannya mati, tubuhnya malah mengecil. Disinilah titik awal Shinichi Kudo untuk mengungkap siapa Organisasi Jubah Hitam sebenarnya menggunakan identitas Edogawa Conan. Selama perjalanannya, Conan bersama rekan-rekannya melalui berbagai kasus menarik. Untuk itu, saya mengutip beberapa  kata-kata bijak dari Detective Conan  yang mungkin bisa memotivasi anda. Berikut adalah  kumpulan kata-kata bijak dari Detective Conan . Jangan lari dari takdirmu sendiri. - Detective Conan Aku akan membasmi semua kejahatan disini, dengan begitu Jepang akan sempurna. - Kogoro Mouri Detektif yang berhasil menangkap pelaku dengan hipotesanya tapi membiarkan si pelaku bunuh diri, sama saja dengan pembu

Pengetahuan yang terselip di seri manga "DETEKTIF CONAN"

Tidak hanya cerita pembunuhan dan misteri yang membuat manga satu ini menarik..tapi juga beberapa ilmu yang kita dapatkan dari manga ciptaan Aoyama Gosho ini ...Nah penasaran ??? Berikut beberapa pengetahuan yang didapatkan dari seri manga ini... Orang meninggal, metabolisme tubuhnya akan terhenti. Walaupun suhu ruangan naik dia takkan berkeringat. Mayat yang terbakar, otot tubuhnya akan menggumpal & menyusut aki bat suhu yang panas. Operasi sumsum tulang untuk mengobati leukemia dapat merubah golongan darah penderita menjadi sama dengan pendonor. Rangsangan lensa kontak tidak baik untuk mata yang gatal akibat alergi serbuk bunga. Orang yang memakai alat pacu jantung untuk membantu kerja jantungnya akan menghindari ponsel yang memancarkan gelombang radio. Orang yang sakit pinggang akut bersin dengan cara mengeluarkan napas dari mulut karena takut membebani tubuh. Hantaman sangat keras di kepala dapat menjatuhkan lensa kontak yang sedang dipakai di mata. Jangan pernah